Logo ABC

Apa Peluang Indonesia Saat Australia Perang Dagang dengan China

Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan PM Australia Scott Morrison di Canberra, Februari 2020 lalu.
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan PM Australia Scott Morrison di Canberra, Februari 2020 lalu.
Sumber :
  • abc

Setelah hubungan perdagangan Australia dengan China melemah akibat kenaikan tarif dan sanksi, eksportir Australia mencari pasar alternatif.

Namun, para ahli memperingatkan meskipun Australia terus berupaya mengembangkan hubungan perdagangan yang kuat dengan Indonesia penting, Indonesia tidak dapat menggantikan China.

Selama tahun 2020, ekspor produk Australia, seperti barley, lobster, wine, kapas, gula, kayu, batu bara dan tembaga ke China terganggu oleh kenaikan tarif dan sanksi lain seperti kenaikan tarif dan sanksi lain seperti penangguhan perdagangan. 

Lantas apakah Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yang kelas menengahnya berkembang dengan cepat, bisa menjadi solusi Australia saat hilangnya pangsa pasar China?

Composite of wine and lobsters Anggur dan lobster Australia telah ditahan oleh bea cukai China.

Unsplash

Indonesia masih belum jadi tujuan ekspor Australia

Indonesia dan Australia telah menandatangani persetujuan baru IA-CEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) yang mulai berlaku pada 5 Juli lalu dengan memberikan kesempatan untuk memperbaiki kemitraan dalam bidang perdagangan, ekonomi, pertahanan dan keamanan.

Berdasarkan perjanjian ini, Australia dapat mengakses pasar Indonesia secara lebih luas.