Logo BBC

Pensiunan 82 Tahun di Inggris Penerima Pertama Vaksin AstraZeneca

PA Media via BBC Indonesia
PA Media via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Seorang pasien dialisis ginjal Brian Pinker, 82, menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin Covid-19 buatan Oxford-AstraZeneca.

Pinker diberi suntikan vaksin pada Senin (04/01) di Rumah Sakit Churchill, Oxford dan mengatakan ia "sangat senang." Pemerintah Inggris menyediakan 530.000 dosis yang siap diluncurkan mulai Senin (04/01).

"Perawat, dokter dan staf yang bertugas hari ini luar biasa dan sekarang sayang bisa menanti-nantikan kesempatan untuk merayakan ulang tahun pernikahan saya yang ke-48 bersama istri saya Shirley beberapa bulan lagi," ujar Pinker.

Seorang guru musik dan ayah dari tiga anak Trevor Cowlett, 88, dan Profesor Andrew Pollard, seorang dokter anak di lingkungan Rumah Sakit Universitas Oxford juga mendapatkan vaksin di hari pertama program vaksinasi dengan Oxford-AstraZeneca.

Trevor Cowlett, vaksin Oxford-AstraZeneca, Covid-19
PA Media
Trevor Cowlett, 88, juga diberi suntikan vaksin Covid-19 buatan Oxford-AstraZeneca pada hari pertama penggunaannya pada Senin (04/01).

Kepala perawat di Rumah Sakit Churchill, Oxford, yang memberikan suntikan pertama, Sam Foster mengatakan: "Setiap pasien yang kami vaksinasi selama dua pekan terakhir mempunyai kisah masing-masing tentang perubahan yang akan terjadi akibat vaksinasi ini, jadi pagi ini juga sama."

Vaksin Oxford-AstraZeneca dilakukan menyusul penggunaan vaksin pertama di Inggris, Pfizer-BioNTech, yang diluncurkan minggu pertama Desember lalu.