Logo DW

Jerman akan Perpanjang Lockdown hingga 31 Januari

Martin Meissner/AP Photo/picture alliance
Martin Meissner/AP Photo/picture alliance
Sumber :
  • dw

Pemerintah Jerman dan mayoritas dari 16 negara bagian federal Jerman telah sepakat untuk memperpanjang langkah-langkah penguncian (lockdown) hingga 31 Januari untuk mengekang penyebaran virus corona. Hal ini dilaporkan oleh berbagai media Jerman pada hari Senin (04/01).

Pengumuman resmi terkait perpanjangan lockdown ini rencananya akan disampaikan pada hari Selasa (05/01), setelah Kanselir Angela Merkel bertemu dengan 16 perdana menteri negara bagian.

"Semua kecuali dua negara bagian mendukung (perpanjangan lockdown) akhir Januari," lapor kantor berita Reuters, mengutip tim negosiasi.

Sebuah proposal yang menginginkan agar tempat penitipan anak dan sekolah ditutup, menjadi perdebatan sengit dalam negosiasi antara negara bagian, demikian menurut laporan surat kabar RND pada Senin (04/01) malam.

Kementerian Kebudayaan Jerman pada hari Senin (04/01) mengatakan pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka hanya akan dilakukan ketika langkah-langkah lockdown dilonggarkan, demikian menurut kantor berita pemerintah ARD.

Pembatasan saat ini tidak berhasil

Pembatasan ketat tengah diberlakukan saat ini dengan menutup toko, sekolah, dan jasa layanan di seluruh Jerman sejak 16 Desember 2020. Pembatasan tersebut akan berakhir pada 10 Januari. Namun, tingkat infeksi yang tinggi dan hingga peningkatan angka kematian akibat COVID-19 telah menekan para pemimpin kebijakan untuk memperpanjang pembatasan.