Logo BBC

Varian Baru Corona Lebih Resisten terhadap Vaksin, Benarkah?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan ada "kekhawatiran yang masuk akal" bahwa varian baru Covid-19 yang menyebar di seluruh negara itu mungkin terbukti lebih resisten terhadap vaksin yang saat ini sedang diberikan di Inggris dan wilayah lain.

A health worker holds a Covid-19 sample collection kit of a vaccine in Johannesburg, South Africa
Reuters

Ada kekhawatiran bahwa varian baru Covid-19 di Afrika Selatan dapat "melemahkan dampak" vaksin.

Mereka juga memperingatkan bahwa hal itu membuat kebutuhan untuk menjalankan program vaksinasi secara global "bahkan lebih kritis".

"Ini keprihatinan teoritis. Kekhawatiran yang masuk akal... bahwa varian Afrika Selatan mungkin lebih resisten," kata Profesor Shabir Madhi, yang memimpin uji coba vaksin Oxford-AstraZeneca di Afrika Selatan, kepada BBC.

Pernyataan Madhi menanggapi komentar pemerintah dan para ilmuwan Inggris. Dia mengatakan jawaban yang pasti mungkin akan datang dalam hitungan minggu, dengan pengujian ekstensif sudah dilakukan di Afrika Selatan.

Kekhawatiran muncul dari fakta bahwa virus di Afrika Selatan telah bermutasi jauh lebih banyak daripada varian di Inggris, dan salah satu mutasi itu mungkin berarti dapat menghindari serangan antibodi yang biasanya melawan virus corona.

Vaksin mengajarkan tubuh untuk meningkatkan respons kekebalan - yang termasuk menciptakan antibodi - untuk melawan virus corona, jika ia pernah bertemu dengannya.