Mike Pence Tolak Gunakan Amendemen ke-25 Copot Donald Trump

Wakil Presiden AS Mike Pence
Sumber :
  • Twitter @Mike_Pence

VIVA – Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Mike Pence menolak menggunakan Amendemen ke-25 untuk mencopot Donald Trump dari kursi presiden AS.

China Krisis Kelebihan Pasokan Produk

Dalam sebuah surat yang ditujukan untuk Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, Pence menegaskan mekanisme tersebut tidak boleh digunakan sebagai alat hukuman atau perampasan. Namun hanya bisa digunakan untuk kasus ketidakmampuan medis atau mental.

"Dengan hanya delapan hari tersisa dalam masa jabatan presiden, Anda dan Demokrat menuntut agar kabinet dan saya menggunakan Amendemen ke-25," kata Pence dalam surat, seperti diberitakan Channel News Asia, Rabu 13 Januari 2021.

Insiden Penembakan di Philadelphia AS, Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban

"Saya tidak percaya bahwa tindakan seperti itu adalah untuk kepentingan terbaik bangsa kita atau sesuai dengan konstitusi kita," lanjutnya.

Jika Amendemen ke-25 digunakan, Trump akan dianggap tidak dapat memenuhi tugasnya dan kemudian Pence akan diangkat sebagai penjabat presiden untuk sisa masa jabatan yang tinggal 8 hari sebelum pelantikan presiden selanjutnya.

Baku Tembak Terjadi di Philadelphia AS, Polisi Tahan 5 Orang

Pence menegaskan bahwa energi pemerintah seharusnya difokuskan untuk memastikan transisi pemerintahan yang tertib. Dia mengimbau agar DPR dan anggota Kongres lainnya menghindari tindakan yang akan semakin memecah belah masyarakat.

"Kita harus bekerja sama mempersatukan negara, saat kami bersiap untuk melantik presiden terpilih Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat selanjutnya," ujar Pence lagi.

Pabrik mobil listrik BYD

China Serang Balik Kritikan Amerika Serikat soal Produksi Mobil Listrik yang Berlebihan

China membalas kritikan Amerika Serikat perihal produksi mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu tersebut yang dinilai berlebihan & melebihi permintaan domestik dan ekspor.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024