Menlu RI dan China Bahas Masalah Perlindungan ABK WNI

Menlu RI, Retno Marsudi saat berbincang dengan Menlu China, Wang Yi
Sumber :
  • VIVA/Dinia

VIVA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meminta pemerintah China untuk memperhatikan perlindungan terhadap warga negara Indonesia. Khususnya yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal-kapal ikan berbendera China.

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

"Selain menyampaikan apresiasi kepada pemerintah RRT atas kerja sama yang diberikan dalam penanganan kasus-kasus ABK Indonesia, saya juga meminta kembali perhatian terhadap masih adanya beberapa isu pending," kata Retno, dalam pernyataan usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

Baca juga: Sherina dan Ernest Kritik Raffi Ahmad Keluyuran Usai Divaksin

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Hingga kini, masih ada beberapa isu pending terkait ABK WNI di kapal-kapal China seperti pemulangan ABK yang masih stranded (terdampar), penyelesaian hak-hak ketenagakerjaan, perbaikan kondisi kerja yang aman dan kondusif hingga penegakan hukum melalui mutual legal assistance.

Sebelumnya pada November 2020 lalu, 157 ABK WNI termasuk dua jenazah yang bekerja di berbagai kapal berbendera China berhasil dipulangkan ke Tanah Air lewat jalur laut ke Bitung di Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Keberhasilan repatriasi ini merupakan tindak lanjut dua pertemuan bilateral antara Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu China Wang Yi yang telah dilakukan sejak tahun lalu.

Memulangkan ABK yang stranded di berbagai lokasi di dunia di tengah pandemi COVID-19 menjadi tantangan terbesar karena banyak pelabuhan laut dunia melarang penurunan awak kapal.

Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian (Doc: AP Photo)

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Hossein Amir-Abdollahian bertemu dengan Menlu Yordania, Ayman Safadi, pada Kamis, 18 April 2024, di New York.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024