Logo BBC

Selain Trump, Siapa Saja Presiden AS yang Pernah Dimakzulkan?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Presiden Donald Trump menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang dimakzulkan dua kali oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS - dan merupakan satu dari tiga presiden yang pernah dimakzulkan.

Inilah yang terjadi dengan presiden-presiden yang pernah dimakzulkan sebelumnya.


Andrew Johnson

Apa yang dia lakukan?

Tidak lama setelah berakhirnya Perang Saudara, Presiden Andrew Johnson - seorang Demokrat - terus-menerus berdebat dengan Kongres yang saat itu dikuasai Partai Republik tentang bagaimana membangun kembali AS yang kalah di Selatan.

Para "Republikan Radikal" pada periode ini mendorong undang-undang untuk menghukum mantan pemimpin Konfederasi dan melindungi hak-hak budak yang dibebaskan. Johnson menggunakan hak veto presidennya untuk memblokir upaya Republik di setiap kesempatan.

Pada bulan Maret, Kongres mengesahkan Undang-Undang Masa Jabatan, yang dibuat untuk membatasi kekuasaan presiden untuk memecat anggota kabinetnya tanpa persetujuan dari Senat.

Sebagai pembangkangan, Johnson menangguhkan seorang anggota kabinet dan saingan politiknya, Edwin Stanton, saat Kongres sedang reses.

Jika persidangan Kongres untuk Trump pada Rabu (13/01) waktu setempat itu tampak seperti dramatis, kejadian tersebut sesungguhnya sesuai dengan tradisi pemakzulan: Stanton menanggapi pemecatannya dengan mengunci diri di dalam kantornya dan menolak untuk keluar.