Logo BBC

COVID-19: RS di Brasil Kekurangan Oksigen bagi Pasien COVID-19

Waspada Corona. Reuters via BBC Indonesia
Waspada Corona. Reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sejumlah rumah sakit di Kota Manaus, Brasil, mengalami kesulitan merawat pasien Covid-19, di tengah laporan kekurangan oksigen yang parah dan keputusasaan para tenaga kesehatan.

Kota di negara bagian Amazonas itu mencatat lonjakan angka kematian dan penularan.

Para ahli kesehatan, yang dikutip oleh media lokal, memperingatkan "banyak orang" bisa mati karena kekurangan pasokan dan bantuan.

Brasil telah mencatat lebih dari 205.000 kematian akibat virus corona - angka tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Negara Bagian Amazonas menderita kerugian besar pada gelombang pertama pandemi, tetapi kini juga terpukul parah oleh peningkatan penularan dalam gelombang baru.

Pekan lalu, kontainer dengan alat pendingin dibawa ke rumah sakit-rumah sakit untuk membantu menyimpan jenazah-jenazah dan pihak berwenang menyatakan keadaan darurat.

Jessem Orellana, dari lembaga investigasi ilmiah Fiocruz-Amazonia, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa beberapa rumah sakit di Manaus telah "kehabisan oksigen". Beberapa pusat kesehatan bahkan menjadi "semacam ruang yang mencekik" bagi pasien-pasien.