Logo DW

COVID-19: China Minta Pekerja Tidak Mudik Saat Tahun Baru Imlek

Thomas Peter/REUTERS
Thomas Peter/REUTERS
Sumber :
  • dw

Jelang perayaan tahun baru, mayoritas dari 280 juta pekerja migran di China melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman (mudik) untuk bertemu keluarga.

Virus corona yang dapat dengan cepat menyebar selama periode liburan tahun lalu memaksa banyak pekerja terjebak di desa selama berbulan-bulan dan sekembalinya ke kota mereka juga harus menjalani karantina. Akibatnya pabrik-pabrik tidak beroperasi, industri anjlok, dan para pekerja kehilangan pendapatan selama berminggu-minggu.

Pihak perusahaan biasanya memberikan upah lebih kepada mereka yang tetap bekerja selama hari libur, tetapi tahun ini pemerintah daerah dan perusahaan berharap lebih banyak pekerja yang menerima tawaran intensif tersebut.

Sebagian besar provinsi telah mengeluarkan pemberitahuan yang mendorong pekerja untuk tidak pulang ke kampung halaman, dengan alasan pentingnya pengendalian epidemi serta "menjamin stabilitas rantai industri dan pasokan."

Insentif yang diberikan mencakup pembayaran ekstra, hadiah, hiburan, perjamuan malam tahun baru gratis, hingga tawaran liburan yang berbeda-beda.

Permintaan tenaga kerja di sektor industri

Pemulihan manufaktur China sebagian didorong oleh permintaan dari konsumen di luar negeri hingga melampaui ekspektasi tahun ini, membuat pabrik-pabrik berjuang mengisi kekurangan pekerja.