Logo BBC

Taliban Serukan Pemimpinnya Hindari Praktik Poligami

Getty Images via BBC Indonesia
Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemimpin Taliban di Afghanistan telah mengeluarkan dekrit yang menyerukan kepada para pemimpin dan komandan kelompok itu untuk tidak memiliki banyak istri, tindakan yang katanya mengundang "kritik dari musuh kita", lapor wartawan BBC Khudai Noor Nasar.

Pria Muslim dapat diizinkan oleh agama untuk memiliki hingga empat istri sekaligus dan poligami masih legal di Afghanistan, Pakistan, dan beberapa negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Namun sumber-sumber dari Taliban mengatakan kepada BBC bahwa praktik tersebut meningkatkan permintaan dari para komandan atas dana untuk membayar "harga pengantin" - sebuah praktik yang berlaku di banyak suku Pashtun di Afghanistan dan Pakistan di mana uang diberikan kepada keluarga seorang wanita untuk menikahinya.

Keputusan tersebut dikeluarkan pada momen politik yang sensitif bagi Taliban dan Afghanistan, ketika kelompok militan itu membahas dengan pemerintah mengenai masa depan negara itu.

Sejumlah sumber mengatakan kepemimpinan Taliban prihatin atas tuduhan korupsi terhadap anggotanya yang berusaha mengumpulkan dana untuk menopang rumah tangga besar atau banyak.

Sebagian besar pemimpin senior Taliban memiliki lebih dari satu istri, tetapi keputusan baru tidak berlaku bagi mereka yang sudah memasuki beberapa pernikahan.

Apa isi dekrit itu?