Logo BBC

Ganasnya Belut listrik di Amazon Setrum Mangsa dengan Mengeroyok

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sudah 200 tahun berlalu sejak belut listrik menginspirasi penemuan baterai, namun baru diketahui sekarang bahwa hewan itu bisa berkoordinasi satu sama lain untuk "menyetrum" mangsa.

Para peneliti mendapatkan fakta itu saat melakukan kajian di wilayah Amazon. Mereka merekam kejadian ketika sejumlah belut listrik berkumpul mengeroyok mangsa, kemudian menyengatnya dengan setrum secara serempak.

Temuan tersebut telah dimuat jurnal ilmiah, Ecology and Evolution.

"Itu benar-benar luar biasa. Selama ini kami mengira mereka adalah hewan yang hidup menyendiri," kata salah seorang peneliti, Carlos David de Santana.

Douglas Bastos, dari Pusat Riset Nasional Amazon di Manaus, Brasil, merekam perilaku para belut listrik ketika mereka mengeroyok ikan kecil, yang disebut tetra. Ikan tersebut melayang ke atas permukaan air, lalu tiba-tiba tak bergerak lagi saat masuk ke air.

Dr de Santana, yang bekerja untuk Museum Sejarah Alam Smithsonian di Washington DC, Amerika Serikat, terpukau ketika dia melihat kejadian itu.

"Sewaktu kanak-kanak, saya mengunjungi kakek-nenek di Amazon dan mengumpulkan air di sungai. Saya telah mempelajari ikan listrik selama 20 tahun di kawasan itu, namun seumur hidup saya belum pernah melihat begitu banyak belut listrik berkumpul," paparnya kepada BBC.