Logo DW

Armin Laschet Loyalis Angela Merkel Jadi Pemimpin Baru Partai CDU

Hannibal Hanschke/REUTERS
Hannibal Hanschke/REUTERS
Sumber :
  • dw

Armin Laschet, politisi berusia 59 tahun ini baru saja resmi didapuk sebagai ketua federal baru dari Partai Demokrat Kristen berhaluan kanan-tengah Jerman (CDU). Dia terpilih dalam putaran kedua melawan konservatif Friedrich Merz dengan 521 suara menjadi 466, dalam kontes tiga kandidat yang juga diikuti Norbert RÃttgen, Sabtu (16/01).

Di antara tiga kandidat tersebut, Laschet, yang sejak 2017 menjadi perdana menteri negara bagian terpadat di Nordrhein-Westfalen (NRW) adalah orang yang paling setia mendukung Angela Merkel.

Dalam pidato kemenangannya, Laschet bersumpah akan melakukan segalanya agar partainya bisa berprestasi dalam pemilihan umum mendatang dan tetap mempertahankan posisi kanselir.

"Selanjutnya, masih ada pemilihan yang lebih penting di depan kita," ujar Laschet.

Bersiap hadapi tahun yang penting

Dia juga berterima kasih dan memuji kandidat lainnya atas kompetisi yang "adil". Sementara kandidat lain yakni Friedrich Merz memberi selamat kepada Laschet dan berharap dia "sukses" sebagai ketua partai.

"Tahun yang kita hadapi ini adalah tahun penting, akan menjadi waktu yang sangat sulit dalam beberapa minggu dan bulan mendatang bagi kita semua," ujar Merz. Merz memenangkan putaran pertama pemungutan suara dengan mengantongi 385 suara, sementara Laschet 380 suara dan RÃttgen 224 suara.