Logo BBC

Tekanan dan Propaganda di China: Realitas Meliput di Xinjiang

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

 

Selain pembatasan ketat yang diberlakukan pada jurnalis asing yang mencoba melaporkan kebenaran terkait apa yang terjadi wilayah paling barat Xinjiang, China memiliki taktik baru: memberi label pada liputan independen sebagai "berita palsu".

Pada malam hari, saat kami melakukan perjalanan selama berjam-jam di sepanjang jalan raya gurun Xinjiang, mobil-mobil yang tak dikenali, yang sudah mengikuti kami sejak kami tiba, mengejar kami dengan kecepatan tinggi, mengemudi dalam jarak dekat yang berbahaya dengan lampu depan menyala penuh.

Pengendara mobil itu- yang tidak pernah mengidentifikasi diri- memaksa kami untuk meninggalkan satu kota dengan mengusir kami dari restoran dan toko, serta memerintahkan pemiliknya untuk tidak melayani kami.

Laporan yang kami buat terlepas dari kesulitan ini mengungkapkan bukti baru - sebagian besar berdasarkan dokumen kebijakan China sendiri - bahwa ribuan orang Uighur dan minoritas lainnya dipaksa untuk memetik kapas di wilayah penghasil seperlima dari produksi kapas dunia.

Tapi sekarang media yang dikelola Partai Komunis China telah membuat laporan mereka sendiri tentang pemberitaan kami, menuduh BBC melebih-lebihkan upaya yang dilakukan pihak berwenang untuk menghalangi tim kami dan menyebutnya "berita palsu".

Video yang dibuat oleh China Daily- sebuah surat kabar berbahasa Inggris - telah diunggah di kedua situs media sosial China, serta platform internasional yang dilarang di China.

Cotton workers in Xinjiang
BBC
Xinjiang adalah penghasil seperlima stok kapas di dunia.

Hannah Bailey, spesialis masalah disinformasi digital China yang disponsori negara di Oxford Internet Institute, menunjukkan bahwa serangan kritis dalam bahasa Inggris, yang dilengkapi dengan terjemahan bahasa Mandarin membuat hal itu tidak biasa.