Geger 4.800 Kotak Es Krim Terkontaminasi COVID-19 di China

Penanganan wabah Virus Corona COVID-19 oleh China diikuti sejumlah negara.
Sumber :
  • NY Times

VIVA – Lebih dari 4.800 kotak es krim, terkontaminasi COVID-19 di China. Itu diketahui setelah salah satu sampel yang diuji dinyatakan positif terkena virus Corona.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Saat ini otoritas berwenang di China tengah melacak orang-orang yang kemungkinan telah melakukan kontak, atau mengkonsumsi es krim yang diproduksi oleh Tianjin Daqiaodao Food Company tersebut.

Otoritas anti-epidemi di Tianjin mengatakan, total 935 kotak es krim yang terpapar COVID-19, dari 2.747 kotak yang memasuki pasar, berada di kota dan hanya 65 yang dijual ke pasar. Saat ini, otoritas tersebut mengimbau warga yang mungkin telah membeli es krim itu untuk melaporkan kesehatan dan pergerakan mereka.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Baca juga: Tekanan dan Propaganda di China: Realitas Meliput di Xinjiang

Perusahaan tersebut kini telah menyegel dan menyimpan semua es krim produksi mereka, sejak mengetahui bahwa 4.836 kotak es krim dinyatakan positif terpapar virus mematikan tersebut. 

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Selain menarik produksi es krim, 1.662 karyawan perusahaan juga telah dikarantina, dengan mengikuti panduan dari Tianjin Center for Disease Control.

Dilansir dari The Sun, investigasi awal mengungkap perusahaan tersebut memproduksi sejumlah es krim menggunakan bahan mentah, termasuk susu bubuk yang diimpor dari Selandia Baru dan bubuk whey yang diimpor dari Ukraina.

Seorang ahli virus dari Universitas Leeds, Dr Stephen Griffin, mengatakan bahwa perkembangan itu tidak mungkin menjadi penyebab kepanikan.

"Saya pikir ini berasal dari seseorang, dan tanpa mengetahui detailnya. Kita mungkin tidak perlu panik bahwa setiap es krim tiba-tiba akan terkontaminasi virus corona," kata Griffin.

Beberapa hari yang lalu, China melaporkan kematian akibat COVID-19 untuk pertama kali sejak delapan bulan terakhir. Sementara itu, para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah tiba di China untuk memulai penyelidikan tentang asal-usul pandemi.

Sebuah tim yang terdiri dari sepuluh ahli virologi dan ilmuwan lain dari WHO, akan menghabiskan sekitar satu bulan di Wuhan, tempat kasus COVID-19 pertama terdeteksi setahun lalu, untuk menyelidiki bagaimana virus mematikan itu bertahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya