Warna Langit di Chili Jadi Mencekam Akibat Kebakaran Hutan

Penampakan Kebakaran Hutan di Chili, Langit Jadi Merah
Sumber :

VIVA – Kebakaran hutan besar tengah melanda negara Chili, di Amerika Selatan. Kebakaran yang diduga dilakukan secara sengaja itu sangat parah, hingga membuat langit berwarna merah dan memaksa warga untuk mengungsi.

Deretan Negara dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia, Ini Posisi Indonesia

Pihak berwenang setempat mengatakan, setidaknya sepuluh rumah di wilayah Valpraiso telah dilalap api yang menyapu kawasan hutan dekat Kota Quilpue. Tidak ada kematian maupun cedera yang dilaporkan atas insiden tersebut.

Jumat lalu, para pejabat memerintahkan untuk melakukan evakuasi kepada sekitar 25 ribu penduduk. Warga juga diminta untuk tidak kembali ke rumah mereka, sampai daerah tersebut benar-benar aman.

President Jokowi Inpects Stocks, Prices of Food at Wonogiri Market

Baca juga: Geger 4.800 Kotak Es Krim Terkontaminasi COVID-19 di China

Dilansir dari Metro, menurut informasi pemerintah Chili, kebakaran telah menyulut sekitar 400 hektare hutan. Petugas pemadam kebakaran pun memusatkan upaya mereka pada empat titik fokus. Pihak berwenang yakin, kebakaran hutan itu terjadi karena disengaja.

Detik-detik Pesawat Tabrak Tiang Listrik Langsung Meledak dan Terbakar, Pilot Tewas

Helikopter yang membawa berton-ton air juga telah dikerahkan, untuk memadamkan api dari atas. Bangunan yang hancur di antaranya empat rumah dan enam kabin di sebuah pusat rekreasi. Sementara dua gudang yang dekat dengan lokasi juga terdampak kebakaran.

Warga yang telah dievakusi untuk sementara ditempatkan di gedung-gedung sekolah, sementara zona aman telah disiapkan di stadion kota. Sementara itu warga yang tengah mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan pasien COVID-19, diinstruksikan untuk mengungsi ke sekolah lokal yang ditetapkan sebagai zona karantina.

Area ini pernah dilanda kebakaran hutan beberapa waktu lalu. Pada Januari 2017, kebakaran hutan terburuk membakar banyak daerah di Chili, menewaskan 11 orang di mana lima di antaranya adalah petugas pemadam kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya