Selain Lady Gaga, Ini Deretan Artis yang Ramaikan Pelantikan Joe Biden

Lady Gaga di Met Gala 2019.
Sumber :
  • Instagram @intuitivebabe

VIVA – Dalam waktu kurang dari 24 jam, Amerika Serikat punya presiden dan wakil presiden baru. Joe Biden dan Kamala Harris akan dilantik hari ini, 20 Januari 2021, sekitar pukul 12 siang waktu setempat.

Dapat Duit Rp989 Triliun dari AS, Presiden Ukraina Langsung Tulis di Sosmed: Terima Kasih AS

Pelantikan presiden AS biasanya melibatkan rencana keamanan yang sangat terperinci. Pada pelantikan Biden-Harris kali ini, jumlah aparat keamanan akan diperketat, pascaserangan massa pro-Donald Trump yang menyerbu Capitol Hill pada 6 Januari lalu.

Dilansir dari BBC, otoritas berwenang telah meningkatkan keamanan dan menutup sebagian besar kota. Secret Service juga telah mengambil alih komando rencana keamanan, yang didukung sekitar 25 ribu pasukan Garda Nasional, selain ribuan petugas polisi.

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

Washington DC kini sudah berada dalam keadaan darurat dan akan tetap berada dalam situasi ini selama pelantikan. Agen Matt Miller yang memimpin Secret Service mengatakan, perencanaan acara tersebut telah dilakukan selama lebih dari satu tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, presiden yang akan dilantik biasanya akan mengundang beberapa artis papan atas untuk memberikan penampilan hiburan sebagai perayaan.

Wow! AS Beri Bantuan Rp340 Triliun ke Israel dan Rp989 Triliun ke Ukraina

Untuk kali ini, Biden dan Harris akan mengundang Lady Gaga yang akan menyanyikan lagu kebangsaan. Kemudian, Jennifer Lopez yang akan bernyanyi selama pertunjukan musik di acara pelantikan.

Setelah Biden dilantik, aktor Tom Hanks akan menjadi pembawa acara televisi selama 90 menit. Biasanya acara ini diadakan secara langsung, namun harus diubah menjadi acara televisi karena pandemi COVID-19.

Acara tersebut akan menampilkan beberapa artis lainnya seperti Garth Brooks, Jon Bon Jovi, Demu Lovato serta Justin Timberlake. Acara ini akan disiarkan di semua jaringan utama AS serta platform streaming.

Pada tahun 2009, Aretha Franklin bernyanyi dalam upacara pelantikan Barack Obama, membawakan lagu My Country 'Tis of Thee. Beyonce juga hadir, menyanyikan lagu At Last dalam upacara pengukuhan Obama.

Di masa jabatan kedua sebagai presiden AS, Obama meminta Kelly Clarkson dan Jennifer Hudson untuk tampil. Beyonce juga hadir, menyanyikan lagu kebangsaan.

Donald Trump dilaporkan memiliki lebih banyak masalah dalam memesan artis. Elton John menolak tawaran Trump untuk tampil, dan laporan beredar bahwa Celine Dion, Kiss dan Garth Brooks melakukan hal yang sama. Pada akhirnya, The Rockettes, artis country Lee Greenwood, dan band 3 Doors Down tampil untuk hari Trump.

Baca Juga: Donald Trump Ogah Hadiri Pelantikan Joe Biden

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya