Logo BBC

Tak Hadiri Pelantikan Joe Biden, Trump Berjanji akan Kembali

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Donald Trump berjanji akan "kembali lagi dalam wujud apa pun" setelah meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya sebagai presiden.

Dia mengatakan kepada para pendukungnya ketika dia bersiap untuk terbang ke Florida bahwa "merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjadi presiden Anda".

Dia adalah presiden pertama yang menolak menghadiri pelantikan penggantinya sejak 1869 tetapi mengatakan: "Saya berharap pemerintahan baru beruntung dan mengalami kesuksesan besar."

Joe Biden mengambil sumpah jabatan pada siang hari di Washington, di tengah keamanan yang ketat.

Sekitar 25.000 tentara menjaga upacara pelantikan setelah kerusuhan mematikan oleh pendukung pro-Trump di Gedung Capitol awal bulan ini.

Apa yang dikatakan Trump?

Trump menyampaikan pidato terakhirnya sebagai presiden di Pangkalan Militer Andrews di Maryland, setelah terbang ke sana dari Gedung Putih bersama mantan ibu negara, Melania Trump.

Donald and Melania Trump
EPA
Donald dan Melania Trump menuju helikopter Marine One di Halaman Selatan Gedung Putih

Dalam pidatonya, yang biasanya tidak berdasarkan naskah, dia menyoroti pencapaiannya yang "luar biasa", menyebut sejumlah hal seperti penciptaan lapangan kerja, pembentukan "Pasukan Luar Angkasa", kebijakan untuk para veteran dan perpajakan, serta pengembangan cepat vaksin Covid.

Dia mendesak orang-orang untuk "sangat, sangat berhati-hati" menghadapi pandemi yang "mengerikan" dan menghormati mereka yang telah terinfeksi penyakit itu.

Dia menambahkan: "Merupakan kehormatan besar dan keistimewaan bagi saya untuk menjadi presiden Anda ... Saya akan selalu berjuang untuk Anda. Saya akan memantau. Saya akan mendengarkan.