Ucapan-ucapan Menarik Para Pemimpin Dunia Selamati Joe Biden

Presiden Jokowi saat bertemu dengan Joe Biden di AS pada 2015 lalu
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA – Joe Biden telah resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat setelah kemenangannya dalam pemilu November 2020 lalu melawan Donald Trump.

Presiden Korsel Beri Selamat ke Prabowo Subianto Menang Pilpres 2024: Semoga RI Lebih Makmur

Dilansir dari Al Jazeera, berikut ini berbagai ucapan dari para pemimpin negara di dunia atas pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS.

1. Indonesia
Presiden Joko Widodo telah mengucapkan selamat atas pelantikan Joe Biden sebagai presiden ke-46 dan Kamala Harris sebagai Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

"Mari kita perkuat kemitraan strategis, tidak hanya untuk keuntungan kedua negara, namun untuk dunia yang lebih baik bagi semua," tulis Presiden Jokowi melalui akun Instagram resminya, @jokowi.

2. Taiwan
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris lewat cuitan di Twitter. DIa berharap kerja sama dengan pemerintahan baru dalam hal demokrasi regional, kebebasan, perdamaian dan stabilitas.

Mengenal Sosok Pemimpin Tertinggi Negara Iran, Ternyata Bukan Presiden

3. Jepang
Perdana Menteri Yoshihide Suga juga mengucapkan selamat melalui Twitter kepada Presiden dan Wakil Presiden AS, dalam bahasa Inggris dan Jepang,

"Jepang dan Amerika Serikat adalah sekutu yang terikat kuat oleh ikatan dan nilai universal bersama. Saya berharap dapat bekerja dengan Anda dan tim Anda untuk memperkuat aliansi kita dan mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," tulis Suga.

4. Inggris
Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan berharap dapat bekerja dengan presiden yang akan datang.

"Saya berharap dapat bekerja dengannya (Biden) dan pemerintahan baru, memperkuat kemitraan antara negara kita dan mengerjakan prioritas bersama, menangani perubahan iklim, membangun kembali lebih baik dan memperkuat keamanan transatlantik," kata Johnson.

5. Qatar
Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengirimkan ucapan selamat kepada Biden, berharap dia sukses dalam tugasnya dan menjanjikan persahabatan serta kerja sama strategis antara kedua negara dalam perkembangan dan pertumbuhan lebih lanjut.

6. Uni Eropa
Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, mengatakan Amerika Serikat telah 'kembali'.

"Eropa siap untuk terhubung kembali dengan mitra lama dan terpercaya," tulisnya di Twitter.

7. China
Media pemerintah China, Xinhua, menulis editorial yang memuji berakhirnya masa jabatan Trump, mengatakan 'pembebasan yang baik untuk pemerintahan AS saat ini dan kegilaan terakhirnya.'

8. Iran
Presiden Hassan Rouhani memuji kepergian 'tiran' Trump, yang pada tahun 2018 lalu memberlakukan sanksi hukuman terhadap Iran menyusul keputusan sepihak AS menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015.

“Kami berharap [pemerintahan Biden] untuk kembali ke hukum dan komitmen, dan mencoba dalam empat tahun ke depan, jika mereka bisa, untuk menghilangkan noda selama empat tahun terakhir," kata Rouhani.

9. Rusia
Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Rusia akan mengusahakan hubungan baik dengan AS. Peskov mengatakan Presiden Vladimir Putin telah "secara konsisten" mengadvokasi pelestarian perjanjian senjata nuklir dan sekarang terserah Washington untuk melestarikan pakta tersebut.

10. Israel
PM Benjamin Netanyahu mendesak Biden untuk memperkuat aliansi lama antara kedua negara, untuk menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh Iran.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat aliansi AS-Israel, untuk terus memperluas perdamaian antara Israel dan dunia Arab dan untuk menghadapi tantangan bersama, di antaranya ancaman yang ditimbulkan oleh Iran," kata Netanyahu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya