Logo BBC

Siapakah Amanda Gorman Si Pembaca Puisi dalam Pelantikan Joe Biden?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Amanda Gorman
Reuters

Amanda Gorman "berteriak kegirangan" ketika ia mendapati dirinya dipilih membacakan salah satu puisinya dalam upacara pelantikan presiden terpilih AS Joe Biden.

Di usia yang menginjak 22 tahun, penulis dan pelaku seni yang lahir di Los Angeles ini menjadi penyair termuda yang tampil dalam acara pelantikan presiden di AS.

Ia menuturkan kepada BBC World Service bahwa ia merasakan "kegembiraan, kebahagiaan, kehormatan dan bangga" ketika dirinya diminta untuk mengambil bagian dalam upacara tersebut, "dan juga pada saat yang sama [merasakan] teror".

Puisinya, “The Hill We Climb”, adalah komposisi baru yang ia harap akan "berbicara tentang saat ini" dan "melakukan keadilan saat ini".

Gorman menuntaskan puisinya pada 6 Januari, hari ketika gedung Capitol di Washington DC diserbu oleh pendukung mantan presiden Donald Trump.

"Kita telah melihat sebuah kekuatan yang dapat meremukkan bangsa kita, dan bukan untuk berbagi, yang dapat menghancurkan negara kita jika itu berarti menunda demokrasi," katanya.