Logo DW

Pertama di Dunia, Jerman akan Larang Pencabikan Anak Ayam

Soumyabrata Roy/Pacific Press/picture alliance
Soumyabrata Roy/Pacific Press/picture alliance
Sumber :
  • dw

Jerman akan melarang penyembelihan anak ayam jantan berumur sehari atau day-old male chicks dimulai pada 2022 mendatang. Jerman menjadi negara pertama di dunia yang menerapkan pelarangan tersebut, demikian menurut rancangan undang-undang (RUU) yang ditandatangani oleh kabinet pada Rabu (20/1).

Peternakan ayam di seluruh dunia memang secara tradisional melakukan penyembelihan terhadap jutaan anak ayam jantan, tetapi peternak Jerman harus menghentikan praktik tersebut. Sebaliknya, mereka akan diminta untuk menggunakan teknologi untuk mencegah anak ayam jantan dilahirkan, yaitu dengan mengidentifikasi jenis kelaminnya sebelum telur menetas.

Menjadi yang pertama di dunia dalam kebijakan pertanian

“Penyembelihan ini memang masih dipraktikkan di manapun di dunia. Tapi saya tidak menganggap ini dapat diterima secara etis,” kata Menteri Pertanian Julia KlÃckner, yang mengusulkan RUU itu.

“Oleh karena itu, kami akan menjadi negara pertama yang melarang pemusnahan anak ayam secara hukum,” tambahnya dalam pidato yang menandai dimulainya Pekan Hijau Internasional di Jerman.

Pada fase transisi selanjutnya, yaitu dari awal 2024, metode digunakan jauh lebih awal dalam proses inkubasi telur akan diizinkan. Tujuannya, untuk memastikan embrio tidak merasakan sakit.

Di Jerman, sekitar 45 juta anak ayam jantan dibunuh setiap tahunnya, sebuah praktik yang oleh para pendukung kesejahteraan hewan disebut “pencabikan anak ayam”. Anak ayam jantan dimusnahkan segera setelah menetas karena mereka tidak dapat bertelur dan tidak cocok untuk produksi daging, yang berarti membesarkan mereka tidak akan menguntungkan secara ekonomi.