Logo BBC

Morison Tak Gentar Google Ancam Matikan Mesin Pencarian di Australia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Google
Getty Images
Google mengancam akan mematikan mesin pencarian mereka di Australia terkait RUU yang mewajibkan mereka membayar perusahaan penyedia berita.

Google mengancam akan mematikan mesin pencarian mereka di Australia jika pemerintah meloloskan rancangan undang-undang (RUU) yang memaksa Google membayar perusahaan media, yang kontennya dipakai oleh Google.

RUU ini akan mewajibkan semua raksasa perusahaan teknologi, seperti Google dan Facebook, merundingkan pembayaran dengan penerbit lokal dan perusahaan penyiaran, dan jika tidak ada kesepakatan di antara kedua pihak, maka arbitrator pemerintah yang memutuskan besaran pembayaran.

Direktur Google Australia, Mel Silva, kepada komite di Senat mengatakan "RUU tentang kode etik media ini tak bisa diterapkan" dan akan menjadi "preseden berbahaya, yang akan memaksa pemakai tautan untuk membayar atas tautan yang mereka terbitkan atau gunakan".

"Jika versi [RUU ini] menjadi undang-undang, maka tidak ada pilihan bagi kami, selain mematikan Google Search di Australia," kata Silva.

Namun seorang anggota Senat, Rex Patrick, menuduh Google "mengancam dan merundung" Australia karena mengajukan RUU itu.

Patrick mengatakan RUU semacam ini akan diadopsi di seluruh dunia. "Apakah Anda akan mundur dari setiap pasar yang ada?" kata Patrick.