Senat AS Setujui Antony Blinken Jadi Menteri Luar Negeri

Joe Biden-Kamala Harris beserta keluarga jelang acara pelantikan Presiden AS
Sumber :
  • Twitter @JoeBiden

VIVA – Senat Amerika Serikat resmi mengukuhkan Antony Blinken sebagai menteri luar negeri. Blinken yang merupakan penasihat lama Presiden Joe Biden mendapat total suara Senat 78-22.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Senator dari Partai Republik yang mendukung Blinken termasuk dua sekutu dekat Donald Trump dalam kebijakan luar negeri yaitu Marco Rubio dan Lindsey Graham. Senator James Risch sebagai salah satu tokoh Republik juga mendesak rekan-rekannya untuk mendukung Blinken, meski mengakui beberapa ketidaksepakatan.

“Kita membutuhkan menteri luar negeri, dan dia sangat tepat untuk posisi ini. Dari sekian banyak masalah yang kita diskusikan, bahkan tidak ada titik cerah di antara kita,” kata Risch seperti dikutip Channel News Asia, Rabu 27 Januari 2021.

Soroti Sidang Sengketa Pilpres, Refly: Kita Dibohongi 4 Menteri, Seolah-olah Everything Is Ok

Blinken pernah berada sebagai wakil menteri luar negeri dan tidak pernah berada di bawah pemerintahan Barack Obama-Biden. Dia telah menjadi pertanda Biden tentang kebijakan luar negeri sejak 2002.

Blinken sosok yang kerap menekankan pentingnya organisasi dan aliansi internasional, sehingga diharapkan dapat memimpin kembali bergabungnya Amerika Serikat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kesepakatan Iklim Paris, dan menghidupkan kembali Kesepakatan Nuklir dengan Iran.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Blinken yang dikenal memiliki sikap sangat tenang dan sopan, memilih untuk melakukan pendekatan yang lebih rendah hati untuk membangun aliansi. Namun, dia juga menegaskan aliansi kekuatan militer, jika menyangkut masalah hak asasi manusia.

Menteri luar negeri ke-71 AS, yang dengan mudah disetujui oleh Senat ini, adalah anak tiri dari seorang yang selamat dari tragedi Holocaust dan seorang penutur bahasa Prancis yang fasih.

Standar hidup Virginia Barat

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Harapan hidup rata-rata penduduk Louisiana kurang dari 76 tahun, terendah ke-4 di Amerika Serikat. Negara ini mempunyai banyak komunitas yang berbahaya, mencatat 11 pembu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024