Logo ABC

Setengah Responden Siswa SMA Australia Akui Sudah Hubungan Seks

Pendidikan seks di Australia sangat bergantung pada guru-guru sekolah di negara bagian masing-masing.
Pendidikan seks di Australia sangat bergantung pada guru-guru sekolah di negara bagian masing-masing.
Sumber :
  • abc

Survei nasional dengan data yang dikumpulkan di tahun 2018 menemukan 47 persen responden siswa SMA di Australia telah berhubungan seksual.

Khusus untuk siswa kelas 12, jumlahnya mencapai 55 persen.

Australia memiliki kurikulum nasional, tetapi karena sektor pendidikan tetap menjadi tanggung jawab negara bagian, maka pelaksanaannya berbeda-beda, termasuk soal penerapan kurikulum pendidikan seks.

Menurut pakar kesehatan seksual dari Latrobe University, Dr Christopher Fisher, pengajaran pendidikan seks di Australia masih bersifat tambal sulam.

Dr Christopher memimpin Survei Nasional Siswa Pendidikan Menengah dan Kesehatan Seksual yang dilaksanakan setiap lima tahun sejak 1992.

"Beberapa remaja menyampaikan sangat senang mereka bisa mendapatkan pendidikan seks, karena mereka bisa belajar banyak hal," kata Dr Christopher kepada ABC.

"Namun dalam perjalanannya, remaja lainnya mungkin tidak mendapatkan pendidikan seks sebaik yang diajarkan di sekolah," jelasnya.

Koordinator kurikulum pendidikan seks dari Curtin University, Dr Jacqueline Hendriks menyebut kurikulum pendidikan seks di Australia masih "plin-plan".