Logo ABC

RI Mau Impor Daging dari Meksiko, Pengekspor Australia Komentar

Penjual daging sapi tidak bisa meningkatkan harga karena harus mengikuti harga maksimal yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.
Penjual daging sapi tidak bisa meningkatkan harga karena harus mengikuti harga maksimal yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Indonesia tengah mencari solusi untuk menstabilkan harga daging sapi dan menanggapi aksi mogok yang dilakukan pedagang daging sapi di Jabodetabek, salah satunya mengimpor daging sapi dari Meksiko.

KP Daging sapi Penjual daging di Jakarta dan sekitarnya sempat mogok berjualan, akibat harga yang terlalu naik. Pemerintah Indonesia membidik Meksiko sebagai salah satu sumber impor baru daging sapi. Indonesia telah menjalin hubungan dagang daging sapi dengan Australia selama 30 tahun.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto, mengatakan Meksiko dipilih sebagai salah satu sumber impor baru saat harga pasokan daging sapi dari Australia naik.

"Dalam jangka panjang juga kami mencoba terobosan strategi baru dengan mencari sumber-sumber dari negara lain. Contohnya yang sekarang kita lakukan adalah mencoba importasi sapi dari Meksiko," ujarnya, seperti dikutip dari Kompas TV.

Penetapan harga daging sapi menjadi bagian upaya untuk menekan biaya bahan makanan pokok lainnya, terutama di tengah pandemi COVID-19 dan menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2021.

Selama tiga hari pada pekan lalu, para penjual daging sapi di Jakarta dan sekitarnya mengosongkan kios mereka dan tidak berjualan, sebagai bentuk protes akibat tak bisa menaikkan harga lebih tinggi dari batas yang ditetapkan Pemerintah.

Harga daging saat itu pernah mencapai Rp130.000 per kilogram.