Dinilai Lebih Akurat, Kini China Pakai Swab Anal Deteksi COVID-19

Penanganan wabah Virus Corona COVID-19 oleh China diikuti sejumlah negara.
Sumber :
  • NY Times

VIVA – Beberapa kota di China menggunakan sampel yang diambil dari anus atau swab anal, untuk mendeteksi potensi infeksi COVID-19. Hal ini dilakukan China untuk memastikan tidak ada pembawa potensial dari virus Corona baru, jelang liburan Tahun Baru Imlek.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Untuk membenarkan cara mengambil usap lewat anal, seorang pejabat kota di Weinan, Provinsi Shaanxi utara, mengatakan seorang pria berusia 52 tahun dengan gejala batuk awalnya dinyatakan negatif COVID-19. Dia kemudian diuji melalui usap anal.

Dari hasil usap tersebut, keluar hasil pria tersebut positif COVID-19. Usap anal memerlukan penyeka kapas berukuran tiga sampai lima sentimeter ke dalam anus, kemudian diputar secara perlahan.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Dalam video yang diposting oleh surat kabar Global Times, Zhang Wenhong dari Rumah Sakit Huashan di Shanghai mengatakan swab melalui anal dapat berguna dalam membantu meminimalkan risiko kambuh setelah pemulihan.

"Mungkin ada jejak virus Corona yang terdeteksi di rongga perut feses dan usus," kata Zhang seperti dilansir Al Jazeera, Kamis 28 Januari 2021.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Pekan lalu, seorang pejabat kota Beijing mengatakan, usapan anal telah diambil dari lebih 1.000 guru, staf, dan siswa di sebuah sekolah dasar di kota itu setelah ada temuan infeksi di sana. Usap hidung dan tenggorokan serta sampel serum juga dikumpulkan untuk pengujian.

Spesialis penyakit pernapasan dan infeksi, Dr. L Tongzeng juga mengatakan tes tambahan menggunakan usap anal dapat mendeteksi infeksi yang terlewatkan oleh tes lain, karena jejak virus dalam sampel feses atau usapan anal dapat tetap terdeteksi untuk waktu yang lebih lama daripada sampel yang diambil dari saluran pernapasan bagian atas.

Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024