Logo DW

Sekjen PBB Lihat Ada Harapan bagi Perdamaian Israel-Palestina

Michael Sohn/AP Photo/picture alliance
Michael Sohn/AP Photo/picture alliance
Sumber :
  • dw

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengungkapkan pihaknya akan mengeksplorasi semua inisiatif untuk memfasilitasi proses perdamaian sejati berdasarkan solusi dua negara Israel-Palestina.

Meski tidak menyebut nama Donald Trump secara gamblang, Guterres mengatakan, "kami benar-benar terkunci dalam situasi di mana tidak ada kemajuan yang terlihat."

Guterres juga tidak menyinggung pengumuman oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden pada hari Selasa (26/01), yang akan memulihkan hubungan dengan Palestina dan memperbarui bantuan untuk pengungsi Palestina. Pemerintahan Biden sebut hal ini merupakan elemen kunci dari dukungan barunya untuk solusi dua negara.

Meski begitu, Sekjen PBB itu menjelaskan bahwa pendekatan Biden yang lebih adil telah membuka peluang terjadinya pertemuan antara beberapa pihak yang dijuluki sebagai Kuartet Mediator Timur Tengah – AS, PBB, Uni Eropa, dan Rusia, yang sebelumnya kerap terhambat.

"Kami telah mencoba sejak lama untuk membuat Kuartet bertemu, tetapi kami tidak pernah mendapat persetujuan dari semua anggota untuk itu," kata Guterres dalam konferensi pers.

"Dan kami telah mencoba memasukkan formula lain - seperti memperbesar Kuartet dengan beberapa pemain penting lainnya di wilayah ini, yang sebelumnya belum memungkinkan untuk dilakukan," tambahnya.

"Saya pikir sekarang hal ini menjadi mungkin," kata Guterres seraya menekankan bahwa proses perdamaian hanya bisa berhasil jika didasarkan pada solusi dua negara, dan "semua perjanjian internasional yang sudah ada".