Logo DW

Swedia dan Denmark Siapkan Paspor Digital Vaksinasi COVID-19

Axel Bueckert/Zoonar/picture alliance
Axel Bueckert/Zoonar/picture alliance
Sumber :
  • dw

Dengan peluncuran program vaksinasi di berbagai negara Eropa, Swedia dan Denmark merencanakan paspor digital vaksinasi Covid-19 untuk mengantisipasi musim liburan pada musim panas tahun ini.

"Proses internasional mengenai solusi teknis dan standar untuk bukti vaksinasi telah dimulai. Swedia perlu berpartisipasi," kata Menteri Kesehatan Lena Hallengren kepada wartawan dalam konferensi pers hari Kamis (4/2).

"Sertifikat digital itu akan memungkinkan Swedia mendokumentasikan orang yang sudah mendapat vaksinasi COVID-19", kata Anders Ygeman, menteri pengembangan teknologi digital. "Sertifikat itu harus sejalan dengan aturan dan standar internasional dan memastikan perlindungan data pribadi", tambahnya.

Pemerintah di Stockholm berharap sertifikat vaksinasi digital itu sudah bisa diberlakukan mulai 1 Juni. Sertifikat itu bisa dijadikan bukti vaksinasi yang akan diperlukan oleh negara lain jika warga Swedia bermaksud menghadiri konferensi, festival musik, dan acara olahraga.

Beberapa otoritas dan lembaga negara, termasuk Badan Kesehatan Masyarakat dan Badan eHealth Swedia akan memimpin koordinasinya, bekerja sama dengan Asosiasi Otoritas Lokal dan Regional.

Badan Kesehatan Masyarakat Swedia juga ditugaskan untuk mengambil bagian proyek Organisasi Kesehatan Dunia WHO yang ingin mengembangkan sertifikat digital vaksinasi Covid-19, sekaligus juga bekerjasama dengan Komisi Eropa.

Denmark lebih dulu umumkan paspor vaksinasi digital