Logo DW

Joe Biden: Kami Tidak Akan Ragu untuk Berhadapan dengan Rusia

picture alliance/Captital Pictures
picture alliance/Captital Pictures
Sumber :
  • dw

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pada hari Kamis (04/02) bahwa AS mengakhiri dukungannya untuk operasi militer dalam perang yang dipimpin Arab Saudi di Yaman. Biden mengatakan konflik yang telah berlangsung selama enam tahun itu "harus diakhiri," tetapi menegaskan Washington akan terus mendukung sekutu lamanya, Arab Saudi.

"Kami meningkatkan diplomasi kami untuk mengakhiri perang di Yaman, perang yang telah menciptakan bencana kemanusiaan dan strategis," kata Biden.

"Perang ini harus diakhiri, dan untuk menegaskan komitmen kami, kami mengakhiri semua dukungan Amerika untuk operasi ofensif dalam perang di Yaman, termasuk penjualan senjata yang relevan."

Biden mengumumkan keputusan itu dalam pidato pertamanya di depan para diplomat Departemen Luar Negeri. Kebijakan baru tersebut berseberangan dengan kebijakan kedua pendahulunya.

Mengisyaratkan pemutusan kebijakan lebih lanjut pemerintahan Trump, Biden mengatakan bahwa ia "menjelaskan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dengan cara yang sangat berbeda dari pendahulunya, bahwa hari-hari Amerika Serikat tunduk pada agresivitas Rusia, mencampuri pemilu kami, serangan siber, meracuni warganya, itu sudah berakhir."

"Kami tidak akan ragu untuk berhadapan dengan Rusia dan mempertahankan kepentingan vital kami dan rakyat kami," kata Biden.

Negara-negara Barat mulai keras terhadap Saudi