Logo BBC

UEA Siap Cetak Sejarah Tempatkan Misbar al-Amal di Orbit Mars

MBRSC Ilustrasi Hope via BBC Indonesia
MBRSC Ilustrasi Hope via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Uni Emirat Arab berharap dapat mencetak sejarah dengan menempatkan pesawat tanpa awak di orbit planet Mars.

Pesawat luar angkasa bernama Misbar al-Amal, berarti "Harapan" dan dikenal secara internasional dengan nama "Hope", diluncurkan dari Bumi tujuh bulan lalu. Ia akan mencapai momen yang menentukan dalam perjalanan panjangnya — insersi orbit.

Saat ini bergerak dengan kecepatan lebih dari 120.000 km/jam, ia harus menyalakan mesin pengeremannya selama 27 menit supaya dapat ditangkap oleh gravitasi Planet Merah.

Jika sukses, Hope akan memulai misinya untuk mempelajari iklim Mars.

"Kami memasuki fase yang sangat kritis," kata direktur proyek, Omran Sharaf. "Ini adalah fase yang pada dasarnya menentukan apakah kita bisa mencapai Mars, atau tidak; dan apakah kita akan mampu melakukan penelitian, atau tidak.

"Jika kita melaju terlalu lambat, kita akan menabrak Mars; jika kita melaju terlalu cepat, kita akan melewatkan Mars," katanya kepada BBC News.

Hope adalah yang pertama dari tiga misi yang tiba di Planet Merah bulan ini. Pada hari Rabu, satelit Tianwen-1 China juga akan berusaha memasuki orbit, sementara Amerika akan datang pada tanggal 18 dengan robot penjelajah besar.