Logo ABC

Harga Komoditas Pangan Dunia Naik 50 Persen Sejak 2020

Indeks sereal, minyak nabati, gula, susu, dan daging bulan Januari naik ke level tertinggi sejak 2015.
Indeks sereal, minyak nabati, gula, susu, dan daging bulan Januari naik ke level tertinggi sejak 2015.
Sumber :
  • abc

Harga komoditas pertanian di tingkat global meroket 50 persen sejak pertengahan tahun 2020, menurut ekonom dari Rabobank.

KP Komoditas Pangan Harga komoditas pertanian di tingkat dunia telah naik 50 persen sejak pertengahan 2020Sementara harga pangan global telah mencapai level tertinggi dalam enam tahunMeningkatnya permintaan impor dan pembatasan pasokan telah memicu kenaikan harga

Dalam laporan baru tersebut, kenaikan harga gandum, jagung, kedelai, gula, dan berbagai komoditas lainnya disebabkan kondisi La Niña di belahan utara dunia, mata uang Amerika Serikat yang melemah, spekulan pasar, dan meningkatnya permintaan dari negara-negara pengimpor.

Temuan ini diperkuat oleh Indeks Harga Pangan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) yang melacak perubahan harga bulanan untuk sejumlah bahan pangan pokok.

FAO mengungkapkan, harga sereal, minyak nabati, gula, susu, dan daging pada Januari 2021 telah naik ke level tertinggi sejak 2015.

Analis komoditas senior Rabobank, Charles Clack mengatakan harga masih akan naik sampai level yang tertinggi untuk beberapa waktu mendatang.

"Kami perkirakan dolar Amerika Serikat tidak akan menguat dalam waktu dekat [dan] La Niña akan terus menyebabkan kondisi yang lebih kering di belahan bumi utara, sementara permintaan global akan tetap kuat," katanya.