Jaksa Agung dan Menhan Australia Dicopot Buntut Skandal Perkosaan

Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynold direshuffle
Sumber :
  • Twitter @lindareynoldswa

VIVA – Dua menteri Australia dicopot dari jabatan kabinet pada Senin, 29 Maret 2021. Linda Reynolds dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan dan Christian Porter dicopot dari jabatan Jaksa Agung Australia, dilansir ChannelNewsAsia. 

Polri Gandeng 3 Negara Buru Gembong Narkoba Fredy Pratama

Keduanya dicopot dari jabatan semula buntut skandal pemerkosaan yang mengguncang politik nasional Australia. Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dinilai tunduk pada tekanan publik yang meningkat selama beberapa pekan terakhir.
 
Christian Porter - pejabat tinggi hukum pemerintah dan mantan jaksa penuntut - dituduh memperkosa seorang siswi berusia 16 tahun pada tahun 1988. Berbagai media di Australia mulai mengabarkan soal tuduhan Porter melakukan pemerkosaan. 

Kabar tersebut semakin besar ketika perempuan yang mengirimkan surat pengakuan pernah diperkosa Porter,  meninggal di usia 49 tahun pada Juni tahun lalu. Porter sudah membantah tuduhan perkosaan ini.

Produk Baja Lapis RI Siap Ekspansi ke Pasar Konstruksi Australia

Sementara Linda Reynolds dituduh salah menangani penyelidikan atas dugaan pemerkosaan seorang staf muda di kantor parlemennya, Brittany Higgins. Reynolds sampai menyebut Higgins sebagai pembohong.

Higgins diduga diperkosa oleh staf partai berkuasa di kantor Reynolds di kompleks parlemen pada 2019.

Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

Linda Reynolds menghadapi tekanan publik atas kasus pemerkosaan terhadap seorang staf di kantornya. Beberapa pihak bahkan memintanya untuk mengundurkan diri. Reynolds telah meminta maaf dan menarik pernyataannya soal kasus pemerkosaan Brittany Higgins.
 
Kedua menteri tersebut sebelumnya cuti selama berminggu-minggu sejak terseret skandal ini. PM Morrison bahkan sebelumnya bersikeras mereka akan kembali ke posisi mereka. Namun kini, keduanya dicopot dari jabatan strategis, tapi tetap berada di pemerintahan.

Linda Reynolds dimutasi sebagai menteri yang menangani portofolio layanan pemerintah, yang mungkin jabatan yang kurang didambakan untuk Reynolds. Menteri Pertahanan Australia selanjutnya akan dijabat Peter Dutton, yang sebelumnya menjabat Menteri Dalam Negeri.
 
Sedangkan Christian Porter dimutasi sebagai menteri yang mengurusi Industri, Sains dan Teknologi. Jabatan Jaksa Agung akan dijabat Michaelia Cash, yang sebelumnya Menteri Tenaga Kerja.

Seperti diketahui, tuduhan terhadap Porter dan Reynolds memicu protes di seluruh Australia, dengan puluhan ribu wanita turun ke jalan untuk menyerukan kesetaraan gender dan diakhirinya kekerasan seksual.

Dalam minggu-minggu sejak tuduhan pemerkosaan muncul, pemerintah koalisi Morrison diguncang serangkaian keluhan pelecehan dan pelecehan seksual baru - dari seorang anggota staf yang difoto melakukan masturbasi di meja anggota parlemen, hingga seorang anggota parlemen negara bagian yang dituduh memperkosa seorang pekerja seks, hingga Anggota parlemen lain meminta maaf karena melecehkan wanita secara online.

Sebuah survei opini publik Newspoll pada pertengahan Maret menunjukkan koalisi pimpinan Liberal Morrison tertinggal 52-48 dari oposisi Partai Buruh kiri-tengah, dengan jajak pendapat lain menunjukkan tanda-tanda bahwa dukungannya di kalangan wanita semakin merosot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya