Pesawat Salah Mendarat di Bandara yang Masih Dibangun, Kok Bisa?

Ethiopian Airlines
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebuah pesawat Ethiopian Airlines mendarat "secara tidak sengaja" di bandara yang masih dalam pembangunan di Zambia. Pilot pesawat memberitahu menara pengawas bahwa pesawat akan mendarat, namun petugas menara pesawat  mengatakan kepada pilot bahwa mereka tidak melihat pesawatnya.  

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Pesawat kargo Ethiopian Airlines itu mendarat pada hari Minggu di bandara yang belum selesai di provinsi Copperbelt utara Zambia, yang saat ini dilayani oleh Bandara Internasional Simon Mwansa Kapwepwe, sekitar 15 kilometer jauhnya.

"Ketika dia akan mendarat, dia berkomunikasi dengan radar, dan mereka mengatakan kepadanya: 'Kami tidak dapat melihat Anda,'" kata Sekretaris Tetap Kementerian Perhubungan, Misheck Lungu, kepada kantor berita AFP seperti dilansir DW, Selasa 6 April 2021. 

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

"Jadi dia menggunakan penglihatannya karena dia tidak memiliki kendali, dan mendarat di bandara yang masih dalam pembangunan."

Lungu menambahkan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi dan mengatakan para penyelidik akan merilis "laporan komprehensif".

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Meskipun tidak disebutkan insiden itu di halaman Twitter-nya, Ethiopian Airlines mengonfirmasi bahwa insiden itu telah terjadi, dan mengatakan penyelidikan sudah berlangsung, bekerja sama dengan pihak berwenang Zambia. 

Rezky Aditya.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Dalam video yang viral, Rezky Aditya nampak berjalan santai di bandara sambil membawa koper-kopernya. Ia meletakkan kopernya di atas troli agar bisa diangkut sekaligus.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024