Inggris Tegaskan Komitmen di Indo-Pasifik, RI Dicap Mitra Penting

Menlu Retno Marsudi dan Menlu Inggris Dominic Raab di Jakarta
Sumber :
  • Rilis Pers Kemlu RI

VIVA – Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Rabu, 7 April 2021, Menlu Inggris Dominic Raab menekankan bahwa Inggris berkomitmen di kawasan Indo-Pasifik. Oleh karena itulah Indonesia bagi Inggris menjadi negara yang penting untuk dapat mewujudkan komitmen tersebut.

Menlu Retno Ungkap 2 Arahan Jokowi soal Konflik Iran vs Israel

"Semua ini menggarisbawahi komitmen Inggris terhadap Indo-Pasifik dan ambisi kami untuk hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia, yang menurut saya tercermin tidak hanya dalam masalah bilateral yang telah kita diskusikan tapi juga masalah global yang telah kita diskusikan," kata Dominic Raab di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno dan Raab juga membahas perihal persoalan Myanmar yang sedang krisis juga proses perdamaian di Timur Tengah. Diketahui bahwa besok Raab juga akan menghadiri dialog tingkat menteri Inggris dengan ASEAN karena Inggris akan mengajukan diri menjadi mitra dialog ASEAN.

Menlu Retno Telepon Menlu Iran, Prihatin dengan Kondisi di Timur Tengah

"Kami mengadakan dialog yang sangat baik hari ini dengan Menteri Retno tentang berbagai masalah, tetapi sebetulnya ini tentang memperkuat persahabatan yang kita miliki yang merupakan sesuatu yang sangat dihargai di pihak Inggris," lanjut dia.

Dalam pertemuan itu Raab juga menyinggung sudah dikirimkannya 1,1 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca melalui skema COVAX. Inggris kata dia merasa bangga bisa mejadi pendonor terbesar dalam inisiatif COVAX yang kepemimpinannya kini dipegang oleh Menlu Retno.

PKS Dukung Sikap Menlu RI yang Tak Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel

"Kami di pihak Inggris bangga menjadi salah satu donor terbesar untuk inisiatif ini. Kami telah menyumbang cukup banyak untuk mengamankan satu miliar dosis untuk COVAX. Kami telah membantu mengumpulkan $1 miliar melalui pendanaan setara dengan donor lain," imbuh Dominic Raab.
 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah

Menlu RI Retno Marsudi khawatir konflik Iran vs Israel dapat memicu konflik yang lrbih luas. Ia mendorong deeskalasi di Timur Tengah

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024