Polisi AS Tembak Pria Kulit Hitam di Jalan, Massa Turun ke Jalan

Kepolisian Minneapolis sedang mengadang aksi demo kematian George Floyd.
Sumber :
  • WTTW

VIVA –Aparat Kepolisian Kota Minneapolis, Amerika Serikat, menembak seorang pria kulit hitam secara fatal saat diduga melakukan pelanggaran lalu lintas di pinggiran kota Minneapolis. Aksi brutal polisi AS menuai protes warga dengan turun ke jalan mengecam tindakan brutal aparat.

Daunte Wright (20) ditembak aparat pada Minggu, 11 April 2021, setelah sempat berdebat dengan polisi karena pelanggaran lalu lintas. Saat diperiksa identitasnya oleh polisi, ditemukan surat perintah penangkapan atas namanya yang belum dieksekusi.

Ketika polisi berusaha untuk menahannya, Wright malah kembali ke mobilnya dan salah satu polisi melepaskan tembakan ke arah Daunte Wright dan mengenainya. Pria 20 tahun itu sempat memacu mobilnya hingga beberapa blok sampai akhirnya menabrak kendaraan lain dan meninggal dunia.

Kepala Polisi Pusat Brooklyn, Tim Gannon menggambarkan kematian akibat penembakan pada hari Minggu terhadap Daunte Wright  sebagai tindakan yang tidak disengaja.

"Itu terjadi ketika polisi mencoba menangkap Wright dengan surat perintah yang belum terselesaikan," kata Gannon dalam konferensi pers dikutip CNA, Selasa, 13 April 2021.

Kendati demikian, Gannon mengakui petugas telah melakukan kesalahan, dan dia merilis rekaman kamera tubuh yang melekat di baju polisi kurang dari 24 jam setelah penembakan.

Rekaman itu menunjukkan tiga petugas di sekitar mobil yang dihentikan, yang menurut pihak berwenang ditarik karena tanda registrasinya telah kedaluwarsa.

Ketika petugas lain mencoba memborgol Wright, petugas kedua memberi tahu Wright bahwa dia ditangkap dengan surat perintah. Saat itulah Wright melawan kembali ke mobilnya, dilanjutkan dengan penembakan. Kemudian mobil berjalan beberapa blok sebelum menabrak kendaraan lain.

"Saat saya menonton video dan mendengarkan perintah petugas, saya yakin bahwa petugas tersebut berniat untuk menyebarkan Taser mereka tetapi malah menembak Tuan Wright dengan satu peluru," kata Gannon.

"Ini tampak bagi saya dari apa yang saya lihat dan reaksi petugas dalam kondisi mendesak segera, tidak disengaja yang mengakibatkan kematian tragis Tuan Wright," lanjutnya.

Penembakan itu memicu protes warga atas kekerasan berulang di daerah metropolitan, yang sebelumnya dilakukan empat petugas polisi yang didakwa atas kematian George Floyd.

Gubernur Minnesota, Tim Walz memberlakukan jam malam dan meningkatkan kehadiran aparat penegak hukum di seluruh area. Jumlah pasukan Pengawal Nasional Minnesota diharapkan meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi lebih dari 1.000 pada Senin malam.

Sementara puluhan petugas anti huru hara dan pasukan menjaga kantor polisi Brooklyn Center, lebih dari 100 pengunjuk rasa meneriakkan nama Wright dan mengangkat tanda bertuliskan "Mengapa Daunte mati?" dan "Jangan tembak". Beberapa mobil yang lewat mengibarkan bendera Black Lives Matter dari jendela mereka dan membunyikan klakson dukungan.

Penyelenggara dari Movement for Black Lives, sebuah koalisi nasional yang terdiri lebih dari 150 kelompok politik dan advokasi yang dipimpin oleh orang kulit hitam, menunjuk pada pembunuhan Wright sebagai alasan lain mengapa kota-kota harus menerima proposal untuk memberangus rasisme.

Fakta lain menyebutkan bahwa polisi membunuh Daunte Wright hanya beberapa mil dari tempat mereka membunuh George Floyd tahun lalu. " Ini adalah tamparan di wajah seluruh komunitas yang terus berduka, kata Karissa Lewis, Direktur Lapangan Nasional Koalisi Movement for Black Lives.

Siapakah Nicole Shanahan? Sosok Miliarder Dermawan Ditunjuk Sebagai Cawapres AS
Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyetujui pendanaan federal sebesar US$ 60 juta atau setara dengan Rp 951,3 miliar membangun kembali jembatan Baltimore

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024