Tentara NATO Juga Akan Keluar dari Afghanistan Bersama AS

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat (AS) di Afghanistan
Sumber :
  • The Gurdians

VIVA – Koalisi pasukan NATO di Afghanistan juga akan meninggalkan negara itu bersamaan dengan rencana penarikan pasukan Amerika Serikat yang direncanakan pada 11 September. Hal itu diungkapkan oleh seorang diplomat Washington, Rabu 14 April 2021. 

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Presiden AS, Joe Biden menyatakan bahwa pasukan militer AS akan meninggalkan Afghanistan per 11 September 2021, mengakhiri pertempuran selama 20 tahun. Saat ini AS memiliki 2.500 tentara berperang di Afghanistan.

Sekitar 7.000 pasukan non-AS, sebagian besar pasukan negara-negara NATO, serta Australia, Selandia Baru dan Georgia bertugas di Afghanistan. 

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan di Brussel bahwa sudah waktunya bagi sekutu NATO untuk memanfaatkan keputusan itu, bahwa sekutu datang ke Afghanistan bersama, dan akan pergi bersama.

"Saya di sini untuk bekerja sama dengan sekutu kami, dengan sekretaris jenderal (NATO), dengan prinsip yang telah kami tetapkan sejak awal. Masuk bersama-sama, beradaptasi bersama, dan keluar bersama," kata Blinken dalam pernyataan yang disiarkan televisi di markas NATO seperti dilansir dari CNA, Kamis 15 April 2021.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

"Kami akan bekerja sangat erat dalam beberapa bulan mendatang untuk penarikan pasukan kami dengan aman, disengaja dan terkoordinasi dari Afghanistan," kata Blinken, berdiri di samping Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg.

Para menteri luar negeri dan menteri pertahanan NATO akan membahas rencana mereka melalui konferensi video, Rabu ini.

Seorang diplomat senior NATO mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada sekutu yang diharapkan untuk menentang pengumuman resmi Presiden AS Joe Biden Rabu malam lalu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya