Bos WHO Peringatkan Kasus Infeksi COVID-19 Dekati Level Tertinggi

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia alias WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyes
Sumber :
  • WHO

VIVA – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan bahwa peningkatan kasus COVID-19 yang mengkhawatirkan telah mendorong infeksi global ke tingkat tertinggi dalam pandemi.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

"Di seluruh dunia, kasus dan kematian terus meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari CNBC pada Sabtu 17 April 2021.

Menurut Tedros, secara global jumlah kasus baru per minggu hampir dua kali lipat dan itu terjadi selama dua bulan terakhir. Hal tersebut mendekati tingkat infeksi tertinggi yang tercatat sejauh ini selama pandemi

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

"Beberapa negara yang sebelumnya menghindari penularan luas sekarang mengalami peningkatan tajam dalam infeksi," kata Tedros, mengutip Papua Nugini sebagai salah satu contoh.

Tedros mengatakan badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan terus menilai evolusi krisis virus korona dan menyesuaikan saran yang sesuai. Selain itu, Tedros akan melakukan sidang dengan komite darurat WHO.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Secara global, pesan kami kepada semua orang di semua negara tetap sama. Kita semua punya peran untuk mengakhiri pandemi," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, tercatat lebih dari 139 juta kasus COVID-19 telah dilaporkan di seluruh dunia, dengan 2,9 juta kematian. 

WHO menyatakan virus corona sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya