Derek Chauvin Diputus Bersalah atas Pembunuhan George Floyd

Derek Chauvin
Sumber :
  • bringmethenews

VIVA – Derek Chauvin diputuskan bersalah atas pembunuhan pria kulit hitam George Floyd di Minneapolis, Amerika Serikat pada tahun lalu. Chauvin yang saat itu masih menjadi petugas polisi terekam menekan leher Floyd ke jalanan yang membuat si pria tersebut kesulitan bernapas hingga kemudian tewas.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Dilansir laman BBC, rekaman video kekerasan yang dilakukan Derek Chauvin (45) itu berdurasi sekitar 9 menit yang memicu protes di sejumlah negara bagian di AS dan seruan tolak rasisme pada Mei tahun lalu tersebut.

Derek Chauvin si mantan polisi diputus bersalah atas tiga hal yakni pembunuhan tingkat dua, pembunuhan tingkat tiga dan pembantaian.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Dia tetap harus berada di penjara sampai masa hukuman diputuskan dan diperkirakan mendekam di balik terali besi hingga berdekade lamanya.

Ada 12 anggota juri yang mempertimbangkannya yang mana mereka hanya butuh satu hari untuk mendapatkan keputusan bahwa Derek Chauvin bersalah telah membunuh George Floyd.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Hal itu mereka sampaikan pada Senin, 20 April 2021 dan setelah memberi keputusan, para juri diisolasi di sebuah hotel sehingga mereka jauh dari segala intervensi dan pihak-pihak yang bisa mempengaruhi keputusan mereka.

Sementara pengacara keluarga Floyd, Ben Crump mengatakan bahwa putusan ini menjadi salah satu titik balik sejarah di AS.

"Hal yang amat sulit untuk mendapatkan keadilan itu akhirnya datang juga," kata Ben Crump melalui cuitan di Twitter.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya