Netanyahu Gagal, Oposisi akan Bentuk Pemerintahan Baru Israel

Presiden Israel Reuven Rivlin (kanan) dan Pemimpin Partai Yesh Atid, Yair Lapid.
Sumber :
  • Haim Zach/GPO/The Times of Israel

VIVA – Presiden Israel, Reuven Rivlin, Rabu 5 Mei 2021, meminta pemimpin oposisi Yair Lapid untuk membentuk pemerintahan baru, setelah  Perdana Menteri Benjamin Netanyahu gagal membentuk koalisi pemerintahan pada tenggat waktu tengah malam.

Begini Penampakan Rudal Balistik Iran yang Ditembak Jatuh Israel di Laut Mati

Rivlin mengatakan dia telah berkonsultasi dengan semua pihak di parlemen Knesset, dan Lapid memiliki peluang terbaik untuk membentuk pemerintahan.

“Jelas anggota Knesset Yair Lapid memiliki peluang untuk membentuk pemerintahan yang akan mendapatkan kepercayaan Knesset, meski kesulitannya banyak,” kata Rivlin seperti dilansir dari DW, Kamis 6 Mei 2021

Taktik Netanyahu Gusur Warga Palestina, Israel Bakal Bangun 10 Ribu Tenda di Rafah

Lapid kini punya waktu empat minggu untuk mencapai kesepakatan dengan pihak lain.

Dia mengatakan dia akan bertindak cepat untuk membentuk pemerintah persatuan "secepat mungkin, sehingga kita bisa bekerja untuk rakyat Israel."

Joe Biden Won't Support an Israeli Counterattack on Iran

"Kami membutuhkan pemerintah yang akan mencerminkan fakta bahwa kami tidak membenci satu sama lain. Sebuah pemerintah di mana kiri, kanan dan tengah akan bekerja,“ katanya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah gagal menepati tenggat waktu sampai tengah malam pada hari Selasa untuk membentuk koalisi pemerintahan baru.

Presiden Israel Reuven Rivlin sekarang dapat memberikan mandat pembentukan pemerintahan kepada fraksi lainnya di parlemen Israel dalam beberapa hari mendatang. Ini dapat mengakibatkan Partai Likud Netanyahu harus duduk di bangku oposisi untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

"Sesaat sebelum tengah malam, Netanyahu memberi tahu Beit HaNasi (kantor kepresidenan) bahwa dia tidak dapat membentuk pemerintahan dan mengembalikan mandat kepada presiden," kata pernyataan dari Reuven Rivlin lewat Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya