Logo BBC

Dulu Sukses Redam Corona, Kini Singapura dan Taiwan Alami Lonjakan

Warga Taiwan berdoa sambil memakai masker di Kuil Lungshan. BBC Indonesia
Warga Taiwan berdoa sambil memakai masker di Kuil Lungshan. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Mereka telah dipuji sebagai kisah sukses dalam menangani virus - dua tempat yang nyaris nol atau hanya satu digit kasus Covid sejak awal tahun.

Tetapi bulan ini, Singapura dan Taiwan sama-sama mengalami peningkatan kasus secara tiba-tiba dan agresif - Singapura mencatat 248 kasus baru pada pekan lalu, dan Taiwan 1.200 kasus infeksi lokal.

Keduanya masing-masing menerapkan kebijakan pembatasan yang semakin ketat, membatasi jumlah pertemuan dan menutup sekolah.

Menurut standar dunia, angka-angka ini mungkin saja terlihat kecil - tetapi bagi dua wilayah ini, angka-angka tersebut tidak terpikirkan beberapa bulan yang lalu.

Jadi apa sebenarnya yang salah?

 

`Jelas ada rasa puas diri di Taiwan`

Taiwan adalah salah satu negara pertama yang melarang kunjungan orang asing tidak lama setelah China melaporkan munculnya virus - dan pembatasan ketat di perbatasan masih berlaku di negara itu.

Namun di tingkat lokal, masyaralat mulai berpuas diri - seperti yang dilakukan oleh pemerintah Taiwan.

Berbagai rumah sakit telah menghentikan tes agresif bagi warga terkait Covid, bahkan bagi mereka yang mengalami demam - gejala umum virus, menurut Associate Professor Lin Hsien-ho dari National Taiwan University.