Penembakan San Jose California Tewaskan 8 Orang, Tak Ada Korban WNI

Ilustrasi/Penembakan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penembakan massal terjadi di San Jose California, Amerika Serikat (AS) pada pukul 06.35 waktu setempat, Rabu 26 Mei 2021. Penembakan berdarah ini menewaskan 8 orang dan menyebabkan 1 orang luka-luka.

Israel Panggil Dubes Deretan Negara yang Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Informasi dari dari Konjen San Fransisco, penembakan terjadi di Valley Transportation Authority (VTA) yard. VTA yard merupakan depo kereta ringan (light train) milik perusahaan VTA yang beroperasi di kawasan Santa Clara yang menghubungkan beberapa kota di kawasan Silicone Valley. Kejadian penembakan terjadi di kawasan/bagian perawatan (maintenance) kereta ringan VTA.

Korban tewas dan luka mayoritas adalah pegawai dari perusahaan kereta VTA. Sementara pelaku penembakan diduga merupakan pegawai di perusahaan kereta VTA tersebut sebagaimana rilis yang diterima VIVA dari Konjen San Fransisco, Jumat, 28 Mei 2021.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

KJRI kemudian telah berkoordinasi dengan kantor Sheriff Santa Clara dan kantor polisi San Jose (SJPD) serta simpul masyarakat untuk memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban penembakan. Mengingat bahwa kasus ini masih dalam investigasi blm bisa dikeluarkan informasi mengenai korban. Disebutkan bahwa informasi dari pihak sherif, tidak terdapat WNI korban tewas maupun luka-luka. 

Diketahui bahwa di wilayah Santa Clara County yang termasuk juga San Jose terdapat sekitar 1.000 orang WNI yang terdiri dari WNI yang menikah dengan WNA (WN AS), mahasiswa dan profesional.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

Oleh karena itu sehubungan dengan meningkatnya anti-Asian hate crime dan penembakan di Amerika Serikat, KJRI SF telah melakukan awareness campaign kepada masyarakat dan diaspora Indonesia melalui kegiatan town hall meeting. Pertemuan dengan pemerintah dan otoritas setempat dan mengeluarkan imbauan-imbauan melalui media sosial KJRI.

Laporan: Yanri /tvOne Amerika Serikat

VIVA Militer: Sistem pertahanan udara Bavar-373 militer Iran

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Rudal ini bahkan diklaim lebih canggih dari S-300 Rusia dan Patriot Amerika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024