Kebakaran Kapal Angkatan Laut Iran Terjadi di Teluk Oman

Kapal Kharg milik Republik Islam Iran (ilustrasi kapal)
Sumber :
  • ANTARA/Dokumentasi Kedubes Iran

VIVA – Kebakaran terjadi di kapal angkatan laut Iran yang berada di dekat  muara Teluk Oman, tetapi seluruh awak kapal dapat dievakuasi dengan aman, kata kantor berita Fars yang mengutip pernyataan AL Iran, Rabu.

KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

Operasi pemadaman kebakaran berlanjut di atas kapal tersebut, yang berada di dekat pelabuhan Jask Iran yang terletak di Teluk Oman, menurut pernyataan itu.

Pihak angkatan laut Iran menyebutkan bahwa kapal itu sedang digunakan dalam misi pelatihan.

KPU Jawa Barat Batal Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu 2024 dan Diundur Selasa

Namun, pernyataan dari angkatan laut Iran tidak memberikan penjelasan mengenai penyebab kebakaran.

Pada April, Iran mengatakan salah satu kapalnya, Saviz, telah menjadi sasaran di Laut Merah, setelah media melaporkan kapal itu telah diserang dengan ranjau limpet.

Prabowo-Gibran Disahkan KPU Unggul di Papua Barat Daya

Serangan terhadap kapal Saviz itu adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan yang dilaporkan terhadap kapal kargo milik Israel dan Iran sejak akhir Februari, saat kedua negara musuh bebuyutan itu saling menuduh lawannya sebagai pelaku serangan. 

Tahun lalu, sebuah kapal perang Iran secara tidak sengaja menghantam kapal lain dengan rudal selama latihan hingga menewaskan 19 pelaut dan melukai 15 orang lainnya.

Insiden itu terjadi selama pelatihan di Teluk Oman, yakni jalur perairan sensitif yang menghubungkan ke Selat Hormuz --yang dilalui kapal-kapal pembawa sekitar seperlima pasokan minyak dunia. Iran secara teratur melakukan latihan di daerah tersebut.(Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya