Megawati Amat Terharu Saat Terima Bintang Jasa Terhormat Rusia

Dubes Rusia untuk RI Lyudmila Vorobieva dan Megawati Soekarnoputri
Dubes Rusia untuk RI Lyudmila Vorobieva dan Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Pemerintah Rusia diwakili Duta Besar (Dubes) Rusia untuk RI Lyudmila Vorobieva menyebut bahwa Megawati Soekarnoputri adalah orang pertama dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan atau dikenal dengan Order of Friendship.

Rasa haru pun terlihat kala Megawati menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Lyudmila menyerahkannya penghargaan tersebut sekaligus mewakili Presiden Putin kepada Megawati di kediaman Megawati Jalan Teuku Umar, Jakarta, siang ini.

"Ibu Megawati adalah warga negara Indonesia pertama yang dianugerahi bintang persahabatan ini," kata Lyudmila saat menyampaikan keterangan di sela- sela acara penganugerahan, Rabu 2 Juni 2021.

Lyudmila menyampaikan bahwa di Asia Tenggara selain Megawati, penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada pemimpin negara lain di antaranya Lee Kuan Yew di Singapura serta Mahathir Mohammad di Malaysia.

Duta Besar Lyudmila menjelaskan alasan pemberian penghargaan tersebut. Pemerintah negeri Beruang Putih tersebut memandang Megawati selaku Presiden RI kelima dan juga ketua umum partai begitu besarnya sumbangsih karena memperkokoh kerja sama dan saling pengertian diantara masyarakat Rusia dan Indonesia.

Pemberian ini pun sekaligus sebagai simbol peringatan 70 tahun persahabatan kedua negara.