Logo BBC

Foto Orangutan Kalimantan yang Memukau Menang Penghargaan Dunia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sebuah foto memukau yang memperlihatkan orangutan dan pantulan langit di atas air memenangkan kompetisi Nature TTL Photographer of the Year tahun 2021.

Foto karya fotografer asal Kanada, Thomas Vijayan, itu diberi judul Dunia yang Terbalik. Foto itu mengalahkan 8.000 foto dari seluruh dunia.

Sebagai juara pertama, Vijayan meraih hadiah £1.500 atau sekitar Rp30 juta.

"Foto yang dibuatnya benar-benar unik dan langsung terlihat unggul di hadapan panel juri," kata Will Nicholls, pendiri kompetisi Nature TTL.

"Dengan perspektif dan komposisi yang unik, Anda ingin segera mencari tahu apa sebenarnya yang Anda lihat," kata Nicholls.

Vijayan mengabadikan potret itu di Kalimantan. Dia memilih pohon yang ada di dalam air sehingga bisa mendapatkan pantulan langit yang bagus dan menciptakan efek terbalik.

"Foto ini sangat berarti bagi saya karena saat ini populasi orangutan berkurang pada tingkat yang mengkhawatirkan," katanya.

"Pohon berusia lebih dari 1.000 tahun itu, yang merupakan aset utama bagi Bumi, ditebang untuk kepentingan perusahaan kelapa sawit.

"Sebagai manusia, kita memiliki banyak pilihan alternatif untuk mendapatkan pengganti minyak, tapi orangutan tidak memiliki pilihan selain kehilangan rumah mereka," ujar Vijayan.