Seniman Italia Jual Patung Tak Berwujud Seharga Rp260 Juta

Seniman Salvatore Garau dan patungnya yang tak terlihat.
Sumber :
  • Instagram/World of Buzz

VIVA – Dunia seni adalah dunia yang dibuat dari pikiran seseorang. Di sinilah ide-ide terbentuk dalam bentuk material, sehingga definisi dan bentuk seni berbeda dari orang ke orang.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Namun, ada satu seniman di Italia yang memiliki cara pandang seni yang sangat aneh. Seniman Italia Salvatore Garau membuat patung tidak berwujud atau terlihat. 

Dia menegaskan bahwa karya seninya tidak berbentuk secara fisik, tetapi itu bukan berarti tidak ada. Dia percaya bahwa karya seni itu adalah ruang hampa.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

"Kevakuman tidak lebih dari ruang yang penuh energi, dan bahkan jika kita mengosongkannya dan tidak ada yang tersisa, menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg, 'tidak ada' itu memiliki bobot," katanya seperti dilansir dari World of Buzz, Jumat 4 Juni 2021.

“Oleh karena itu, dia memiliki energi yang terkondensasi, dan berubah menjadi partikel, yaitu menjadi kita.”

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Nama patung tak berwujud itu adalah “Io Sono” yang berarti 'Saya' dalam bahasa Italia. "Karya seni" itu dilelang dengan tawaran awal ditetapkan sekitar 6.000 hingga 9.000 euro Rp104 juta hingga Rp156 juta (kurs Rp17.335 per euro) dan berhasil dijual seharga 15.000 euro (Rp260 juta) setelah beberapa tawaran.

Dikatakan bahwa 'patung' harus dipajang di rumah pribadi dan di ruang yang tidak terhalang seluas 1,5 meter x 1,5 meter. Identitas pembeli tidak diungkapkan tetapi mereka menerima sertifikat pembelian karya seni itu dari Salvatore Garau. 
 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Mantan PM Inggris Tony Blair

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menterin (PM) Inggris Tony Blair melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024