Sampah Masker Kotori Lokasi Selam Populer Filipina

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Pandemi COVID-19 menambahkan limbah baru yang tak diinginkan terhadap polusi laut di Kota Bauan, lokasi menyelam yang populer di provinsi Batangas, Filipina.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Para pengunjung reguler dan para penduduk lokal telah melaporkan peningkatan jumlah masker, dan face shield yang dikumpulkan dari dasar laut.

"Mungkin karena beberapa orang yang naik perahu hanya melingkarkan masker mereka di salah satu ujungnya dan terlepas, atau yang lain tidak membuangnya dengan benar," kata Arnel Vergara, seorang penyelam profesional Filipina yang telah menyelam di daerah tersebut selama satu dekade terakhir, dilaporkan Reuters.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Carmela Sevilla, seorang pemilik resor dan instruktur selam, mengatakan bahwa sampah masker itu menjadi tambahan sampah kantong plastik, kemasan sekali pakai, popok, dan bahan kemasan yang mengganggu perairan setempat selama musim hujan.

“Saya pikir kita akan melihat lebih banyak masker,” kata Sevilla. 

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Girro Maranan, seorang pejabat di Kantor Pariwisata Batangas mengatakan para pejabat mengetahui masalah ini dan tengah memelopori upaya pembersihan.

"Keanekaragaman laut kita yang paling terpengaruh," kata Maranan.

Marian Ledesma, juru kampanye Greenpeace di Filipina, mengatakan manajemen strategi pembuangan limbah negara yang buruk telah menyebabkan sampah menumpuk di anak-anak sungainya. (Antara/Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya