Arab Saudi Batasi Haji 2021 Cuma untuk 60.000 Jemaah Dalam Negeri

Penyelenggaraan Ibadah Haji
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA – Arab Saudi mengumumkan pembatasan pendaftaran haji tahun ini hanya untuk warga dan penduduk Kerajaan atau yang berada dalam negeri. Kebijakan ini diambil sehubungan dengan pandemi virus corona (COVID-19).

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Kementerian Kesehatan dan Haji pada hari ini, Sabtu 12 Juni 2021 mengumumkan bahwa untuk kuota secara total ada sebanyak 60.000 jemaah akan diizinkan untuk melakukan haji tahun ini. Demikian seperti dilansir dari Arabnews. 

Pihak Kerajaan juga menekankan bahwa mereka atau jemaah yang ingin melakukan haji juga harus bebas dari penyakit kronis apa pun. Jemaah juga mesti berusia antara 18 hingga 65 tahun dan divaksinasi sesuai dengan langkah-langkah vaksinasi Kerajaan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 12 Juni 2021: 1.740.436 Pasien Sembuh

Jamaah haji ditegaskan juga harus divaksinasi lengkap sesuai prosedur, jemaah minimal mengambil satu dosis vaksin COVID-19 setidaknya 14 hari sebelumnya. Termasuk vaksinasi setelah sembuh dari infeksi virus corona.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

“Keputusan itu didasarkan pada keinginan terus-menerus Kerajaan untuk memungkinkan para tamu dan pengunjung di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk melakukan ritual haji dan umrah,” demikian keterangan Kementerian Kesehatan dan Haji.

Kementerian Kesehatan dan Haji Kerajaan Arab Saudi juga menyatakan bahwa kebijakan ini mengutamakan kesehatan dan keselamatan manusia. Ibadah haji sendiri akan dimulai pertengahan Juli.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024