Logo BBC

Presiden Botswana Pamer Berlian Langka Terbesar Ketiga di Dunia

Presiden Botswana, Mokgweetsi Masisi, memperlihatkan batu berlian besar dalam prosesi resmi di Kota Gaborone. AFP/BBC Indonesia.
Presiden Botswana, Mokgweetsi Masisi, memperlihatkan batu berlian besar dalam prosesi resmi di Kota Gaborone. AFP/BBC Indonesia.
Sumber :
  • bbc

Batu berlian yang diprediksi sebagai yang terbesar ketiga yang pernah ditemukan di dunia kini ditampilkan kepada publik di Botswana, sebuah negara di selatan Afrika.

Permata seberat 1.098 karat itu diperlihatkan kepada Presiden Botswana, Mokgweetsi Masisi, dalam seremoni resmi, dua pekan setelah digali oleh perusahaan berlian, Debswana.

Bobot batu berlian ini berselisih tipis ketimbang berlian terbesar kedua yang ditemukan tahun 2015, yang juga digali di wilayah Botswana.

Botswana merupakan penghasil berlian terbesar di Afrika.

"Ini adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan perusahaan kami selama 50 tahun beroperasi," kata Direktur Pelaksana Debswana Diamond Company, Lynette Armstrong.

"Berdasarkan penelitian awal kami, berlian ini bisa jadi merupakan batu permata berkualitas yang terbesar ketiga di dunia," ujarnya.

Debswana adalah perusahaan yang didirikan pemerintah Botswana bersama perusahaan raksasa dalam industri batu permata, De Beers.