Logo BBC

Kisah Korban Kejahatan Seksual Kamera Tersembunyi oleh Artis K-pop

Lebih dari 30.000 kasus perekaman video dengan kamera tersembunyi dilaporkan ke polisi antara tahun 2013 dan 2018. BBC Indonesia.
Lebih dari 30.000 kasus perekaman video dengan kamera tersembunyi dilaporkan ke polisi antara tahun 2013 dan 2018. BBC Indonesia.
Sumber :
  • bbc

Kyung-mi (bukan nama sebenarnya) diejek di media sosial dan diinterogasi selama berjam-jam oleh polisi dan jaksa setelah menuduh pacarnya, seorang bintang K-pop, merekam mereka berhubungan seks.

Dia adalah korban kejahatan seks digital, tetapi dia mengatakan kepada BBC bahwa "tidak ada seorang pun di sana mendengarkan".

"Saya masih sekolah, muda, dan sangat kesepian. Tidak ada seorang pun di sisi saya," katanya.

"Saya benar-benar ingin mati, tetapi saya tidak bisa," katanya kepada kami.

"Jika saya mati, tidak ada yang akan tahu kebenaran tentang Jung Joon-young."

Jung Joon-young menjadi terkenal melalui acara pencarian bakat di TV dan memiliki basis penggemar K-pop yang besar di seluruh Asia Timur.

Kyung-mi menggambarkannya sebagai pacar yang penuh perhatian sampai dia memfilmkan pasangan itu berhubungan seks tanpa izinnya.

Dia pertama kali melapor ke polisi pada Agustus 2016, tetapi dia mengatakan petugas gagal menyita ponsel Jung Joon-young dan dia akhirnya tak melanjutkan kasus itu.

Dia tahu mengajukan tuntutan terhadap tokoh terkenal akan sulit, tetapi dia tidak berharap diperlakukan seperti terdakwa.

"Petugas polisi mengatakan kepada saya untuk tidak melaporkannya. Dia mengatakan sulit untuk mengajukan tuntutan terhadap seorang selebriti.

"Jaksa kemudian memanggil saya, bukan dia [Jung], untuk diinterogasi. Mereka terus bertanya kepada saya, `bukankah Anda difilmkan karena Anda menyukainya?`

"Saya dipermalukan, diintimidasi, dan saya mulai bertanya-tanya apakah saya benar-benar telah mengajukan kasus terhadap orang yang tidak bersalah."

Jung Joon-young pictured in 2017
Getty Images
Jung Joon-young dijatuhi hukuman tahun 2019.

Butuh waktu tiga tahun sebelum kasus itu disidangkan.