24 Pelajar Papua Dapat Beasiswa Sekolah di Amerika Serikat

Pelajar Papua dapat beasiswa sekolah di Amerika Serikat
Sumber :
  • Kedubes AS

VIVA – Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Heather Variava melepas keberangkatan 24 pelajar dari provinsi Papua yang menerima beasiswa otonomi khusus dari pemerintah provinsi Papua untuk mengenyam pendidikan di Amerika Serikat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

"Pertukaran pelajar ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis 17 Juni 2021.

Dia menjelaskan, tahun lalu, 35 penerima beasiswa telah terpilih untuk melanjutkan studi di Universitas Rhode Island (URI). Tapi, buntut pandemi COVID-19 para siswa tersebut tidak dapat melakukan perjalanan ke Rhode Island untuk awal tahun ajaran 2020-2021.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Kemudian, lanjutnya, bekerja sama dengan LSM Papua Language Institute dan mitra di Amerika Serikat, Universitas Johnson & Wales dan Highline College, Universitas Rhode Island meluncurkan program pendidikan campuran (hybrid) secara tatap muka dan daring untuk memberikan dukungan akademik dan membantu memastikan siswa-siswa tersebut dapat melanjutkan studinya ke Amerika Serikat ketika kondisi membaik.

Lantas, pada Januari 2021, 10 penerima beasiswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Universitas Rhode Island guna memulai pembelajaran di musim semi secara langsung. 22 mahasiswa sarjana dan 2 mahasiswa pascasarjana dijadwalkan untuk berangkat ke Rhode Island di akhir Juni 2021. Mereka pertama-tama akan melakukan perjalanan ke Universitas Johnson & Wales di Providence, Rhode Island untuk belajar Bahasa Inggris dan Budaya Amerika selama satu semester di musim panas.

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

"Beberapa siswa kemudian akan melanjutkan studinya di musim gugur di Universitas Rhode Island sebagai mahasiswa tahun kedua, sementara yang lain akan terdaftar dalam program gelar Associate di Highline College sebelum kemudian melanjutkan ke Universitas Rhode Island atau Universitas Johnson & Wales," katanya.

Pemberangkatan itu sendiri dilakukan hari ini. Menurutnya kemitraan ini sebagai contoh bagaimana institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat dapat membantu Indonesia mewujudkan tujuan pengembangan kapasitas manusia di seluruh pelosok nusantara.

Dok. Istimewa

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III mengucapkan selamat ke Presiden terpilih Prabowo Subianto, usai ditetapkan oleh KPU RI pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024