KBRI Tokyo–Universitas Osaka Jalin Kerja Sama Kesehatan & Bioteknologi

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi & Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishi.
Sumber :
  • KBRI Tokyo

VIVA – KBRI Tokyo dan Universitas Osaka melakukan kesepakatan kerja sama di bidang Kesehatan, Pangan dan Bioteknologi di Osaka Jumat 18 Juni 2021. Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio. Turut hadir mendampingi Dubes Heri Akhmadi, Konsul Jenderal RI Osaka Diana ES Sutikno dan pejabat KBRI dan KJRI lainnya.

Cak Imin: PKB Ingin Terus Bekerja Sama dengan Gerindra

Penandatanganan kerjasama ini menggarisbawahi pentingnya kerja sama internasional pada masa pandemi global COVID-19. Termasuk dalam mempromosikan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang terkait.

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan, “Indonesia meyakini komunitas global harus bekerja lebih erat lagi untuk mengatasi krisis global yang dipicu pandemi COVID-19, mengingat   tidak ada satupun negara yang mampu mengatasi pandemi COVID-19 ini tanpa melakukan kerja sama dengan negara lain.”

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Lebih lanjut Dubes Heri mengatakan, “Amat penting kerjasama internasional antara Indonesia dan Jepang dalam menanggapi pandemi global. KBRI Tokyo menyambut baik upaya memperkuat kerja sama yang sudah ada maupun yang akan datang antara Indonesia dan Jepang. Terutama antar pemangku kepentingan di bidang kesehatan, pangan dan bioteknologi”.

Komunikasi dengan pihak terkait di Indonesia menurut Dubes Heri perlu terus dilakukan, antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Institut Teknologi Bandung dan lembaga penelitian di Indonesia, untuk mendorong kerjasama yang kongkrit dengan Universitas Osaka.

Jelang Lebaran, VKTR dan Gapura Angkasa Luncurkan Bus Listrik Ramah Lingkungan di Bandara Soetta

Menanggapi hal itu, Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio menyampaikan,  pihaknya menyambut baik kerjasama dan kemitraan Indonesia-Jepang. Ia berharap kerjasama yang lebih erat dengan institusi di Indonesia, baik Pemerintah, swasta dan akademisi.

Dubes Heri Akhmadi di akhir pertemuan berharap pertemuan secara virtual antara berbagai pemangku kepentingan di Indonesia dengan Universitas Osaka untuk membahas ruang lingkup kerja sama antara Indonesia dan Jepang dapat segera dilakukan.

Kesepakatan kerjasama antara KBRI Tokyo dan Universitas Osaka merupakan tindak lanjut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia pada Oktober 2020 lalu. Salah satu hasil penting yang mendapat perhatian Presiden Joko Widodo dan PM Yoshihide Suga adalah kesepakatan penguatan kerjasama lebih erat di bidang kesehatan antara Indonesia – Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya